Wednesday, January 25, 2012

Mutiara Kata Hari Ini

Ketika engkau sedang papa, nafsumu selalau menjanjikan kezuhudan. Namun ketika engkau banyak harta, ia mendorongmu pada kerakusan. Ketika engkau belum berjaya, nafsumu selalu menjanjikan kesyukuran. Namun kertika engkau berkuasa, ia mendorongmu pada kekufuran. Ketika engkau tidak punya jabatan, nafsumu menjanjikan kewarakan. Namun ketika engkau punya kedudukan, ia mendorongmu pada kegegabahan. Nafsu selalu menjanjikan kesalehan kepadmu ketika dirimu tak punya apa-apa. Sedangkan, ketika engkau banyak harta, ia selalu mendorongmu pada kemaksiatan. ( Al-Muhasibi )

Etika kerja : Nabi Muhammad Saw mengecam orang-orang kaya yang selalu menunda-nunda untuk bersedekah. Hikmahnya adalah anjuran agar segera bersedekah.

KA : Al-Ihsan (Kebaikan) adalah engkau menyembah Alloh seakan-akan engkau melihat-Nya, jika kau tak dapat melihat-Nya maka (kau sadari) Alloh melihatmu (HR. Bukhori Muslim)
KA : berbuat baiklah meski terhadap orang yang tidak baik, karena bisa jadi perbuatan baik tersebut akan dapat merubah seseorang menjadi lebih baik
(Makna Hadits)

Hadirkanlah Alloh dalam segala tindakan dan pergaulan dengan sesama manusia, karena alloh Maha Tahu dan Maha Menyaksikan perbuatan hamba-Nya.
Siapa yang mempelajari Al-Qur’an, sebenarnya derajat kenabian telah diletakkan disampingnya, hanya saja dia tidak sampai didatangi wahyu (Amr bin Ash RA)


Islam mengajarkan umatnya agar jangan berpegang tegur pada prasangka, karena tidak akan mampu mengantar pada keyakinan dan kebenaran sedikitpun.
Kadangkala sebuah perbuatan secara lahir bersifat duniawi, namun dengan baiknya niat (ikhlas karena Allah) maka ia menjadi perbuatan ukhrawi (al-Ghazali) Ciri-ciri kesempurnaan islam adalah : wara (berhati-hati pada yang haram) tawadhu’ (rendah hati), bersyukur dan sabar (Abu Musa Al-Asy’ari RA) Semakin banyak anda bergaul dengan orang berilmu, semakin bertambah pula pengetahuan dan pengalaman anda. Pada akhirnya anda semakin optimis memandang hidup. Bukan kemiskinan yang paling aku khawatirkan, tapi perlombaan menumpuk harta benda pada diri kalian lalai dan binasa (hadits nabi SAW) Ikutilah petunjuk al-Qur’an, jangan kamu berharap Al-Qur’an mengikuti (kemauan)-mu (Abu Musa Al-Asy’ari) Aku telah dibunuh oleh kebingungan hatiku sendiri, karena angan-anganku melampaui kematianku (Abu Dzarr al-ghifari) Warisan paling berharga adalah ilmu. Ini berarti bahwa ilmu adalah sandaran masa depan seseorang. Seorang kepala keluarga yang menafkahi keluarganya dengan khlas berharap ridha Allah, maka nafkahnya itu bernilai shadaqah (bukhari-muslim)

0 komentar:

Post a Comment